Kembang Kuning Terpilih sebagai Pusat Unggulan Inovasi Desa

oleh -873 views
HL. Sujian, SH

LOMBOKSATU.com – Setelah meraih juara 1 pada lomba Desa Wisata Nusantara 2019 lalu, kali ini Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, Lombok Timur kembali mengukir prestasi dengan terpilih sebagai Pusat Unggulan Inovasi Desa.

Kepala Desa Kembang Kuning, HL Sujian mengatakan, terpilihnya Desa Kembang Kuning sebagai pusat unggulan inovasi desa oleh Lembaga Internasional United Nations Office of Souteh-South Cooperation (UNOSSC) Republik Korea bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia.

Menurutnya, di Indonesia ada 5 desa yang dipilih untuk mengikuti program tersebut, yaitu Nglanggeradesan, Gunung Kidul Yogyakarta, Desa Panggungharjo, Bantul Yogyakarta, Desa Cikelat Sukabumi Jawa Barat, Desa Pujon, Malang Jawa Timur, dan Desa Kembang Kuning, Lombok Timur, NTB.

“Desa Kembang Kuning terpilih karena potensi dan keindahan alamnya ditambah lagi dengan banyaknya kreatifitas warga desa yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar HL Sujian, Jumat (18/09/2020).

Selain potensi pesona alam, UNOSSC juga tertarik dengan inovasi Pemerintah Desa, BumDes, partisipasi masyarakat, dan berbagai terobosan yang dilakukan dalam membangun masyarakat di wilayah perdesaan.

Disebutkan, sebelum ada BumDes pendapatan desa hanya 5 juta, sekarang pendapatan desa di atas 500 juta. Hal inilah yang menguatkan ekonomi masyarakat. Dia juga memaparkan, potensi pertanian dan pariwisata menjadi kekuatan ekonomi warganya. Karena itu, potensi ini harus dikelola dengan baik dengan partisipasi masyarakat yang tinggi.

“Alahmadilillah berbagai upaya yang kita lakukan, termasuk di sektor wisata, masyarakat mulai menikmati hasilnya. Kami bisa menekan angka kemiskinan di desa,” ujarnya Kades dua periode itu.

HL Sujian juga menyampaikan, 5 Desa yang menjadi Pusat Unggulan Inovasi Desa tersebut yang akan menjadi best practice atau pengalaman baik, sarana pembelajaran bagi desa-desa di dunia melalui modalitas Kawasan Selatan-Selatan Terpadu (KSST), dan Kawasan Berkembangan Afrika-Asia.

No More Posts Available.

No more pages to load.