Bupati Lombok Timur Pastikan DTKS Segera Rampung

oleh -184 views

LOMBOKSATU.com – Pemerintah Provinsi NTB menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota se-NTN melalui video conference (vicon), Rabu (22/07/2020).

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy dalam vicon tersebut mengatakan, sesuai arahan gubernur, saat ini Pemerintah Kabupaten Lombok Timur segera melakukan validasi data terkait data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Disebutkan pula, Pemerintah Lombok Timur telah membentuk tim di tingkat kecamatan yang melibatkan UPTD Pendidikan dan berbagai pihak, setelah sebelumnya menggelar rapat bersama semua kepala desa/lurah serta operator.

Bupati memastikan akhir Juli mendatang validasi data sudah rampung. Selanjutnya data tersebut akan dievaluasi untuk diperbaharui setiap tiga bulan sesuai aturan.

Sebelumnya Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat membuka rapat tersebut menegaskan, kepada seluruh kabupaten/kota agar persoalan data terpadu ini dapat diselesaikan dan desa sebagai ujung tombaknya.

Namun demikian, kabupaten/kota memiliki tanggung jawab memfasilitasi agar data terus bisa diperbaharui empat kali setahun sehingga ke depan tidak ada lagi masalah dalam pendistribusian bantuan atau program pengentasan kemiskinan lainnya.

Ia menyesalkan data saat ini belum mengakomodir seluruh masyarakat miskin sehingga pendistribusian bantuan dinilai tidak tepat sasaran.

“Hal itu tidak boleh terjadi lagi di provinsi NTB,” tegasnya dalam rapat koordinasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-NTB.

Oleh sebab itu, ia berharap pimpinan daerah harus memandang ini sebagai persoalan serius yang segera ditangani secara bersinergi.

Wagub juga menegaskan agar semua pihak dapat memanfaatkan kesempatan yang diberikan Kementerian Sosial RI untuk melakukan pembaharuan data dengan disiplin.

Menurutnya tidak ada yang tidak bisa dilakukan untuk pengentasan kemiskinan di NTB. Wagub juga mengapresiasi Kabupaten Lombok Timur sebagai salah satu kabupaten dengan proses pembaharuan data yang baik.

No More Posts Available.

No more pages to load.