Covid-19, Bupati Sukiman Sebut PDAM Gratiskan Pelanggan Kategori Sosial

oleh -155 views

LOMBOKSATU.com – Bupati Lombok Timur, HM Sukimam Azmy mengatakan, pemerintah terus berupaya mengurangi beban masyarakat dengan berbagai bentuk kebijakan di tengah pandemi Covid-19.

Bupati Lombok Timur, HM Sukimam Azmy saat pimpin rapat, Kamis (23/04/2020)

Selain memberikan sembako, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur juga mengurangi beban masyarakat dengan pengurangan tagihan pembayaran air PDAM sebesar 15% dan menggratiskan pelanggan kategori sosial selama tiga bulan, serta upaya terkait pinjaman masyarakat dan lembaga keuangan.

Bupati berharap TNI-Polri dapat menertibkan lembaga keuangan, dalam hal ini “Bank Rontok/Bank Subuh” yang masih melakukan penagihan. “Bank rontok ini perlu ditertibkan,” ungkap Bupati, Kamis (23/04/2020).

Bupati juga menyinggung JPS yang berbentuk sembako dari pemerintah pusat hingga pemerintah provinsi dan desa jumlahnya mencapai 310 ribu kepala keluarga lebih. Sementara paket sembako dari Pemda Lombok Timur dinaikkan jumlahnya dari 50 ribu menjadi 70 ribu paket.

“Paket dari Pemda Lombok Timur adalah untuk menutup kekurangan paket dari pemerintah provinsi. Ditarget Senin mendatang paket Sembako provinsi sudah dapat didistribusikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Umum PDAM menegaskan, pihaknya memberikan potongan pembayaran sebesar 15% kepada pelanggan golongan rumah tangga A yaitu rumah tangga yang kondisi rumahnya semi permánen.

Direktur Umum PDAM, Suhirman Assugiani


“Sesuai standar BPS (Badan Pusat Statistik). Ketentuan ini berlaku selama 3 (tiga) bulan terhitung dari rekening/ tagihan bulan April, Mei, dan Juni Tahun 2020,” jelas Suhirman.

Disebutkan, pemotongan sebesar 15 persen itu sesuai dengan pengumuman daro PDAM nomor 06/717PDAM/IV/2020 yang ditanda tangani Dirut PDAM mengetahui bupati menyatakan, sehubungan dengan terjadinya penyebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur yang kemudian berdampak terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

Hal itu dilakukan sebagai wujud kepedulian PDAM Kabupaten Lombok Timur terhadap kondisi ini, telah memutuskan untuk membebaskan atau menggratiskan pembayaran kepada pelanggan kategori sosial dan umum yaitu; terminal, kran umum/hydran umum, tempat ibadah seperti Masjid, Musholla, Pura, Gereja, Wihara, dan tempat peribadatan lainnya, Panti Asuhan/LKSA, Yayasan Sosial, Puskesmas, Sekolah-sekolah, Pesantren dan Madrasah, Palang Merah Indonesia.

No More Posts Available.

No more pages to load.