Hindari Bantuan Dobel, Bupati Lombok Timur akan Bentuk Tim Verifikasi

oleh -173 views

LOMBOKSATU.com – Guna memperkecil dampak ekonomi dan sosial atas wabah virus corona (Covid-19) saat ini, Pemerintah Lombok Timur mengambil langkah serius dengan memerikan bantuan berupa Jaring Pengaman Sosial (JPS) agar tidak menimbulkan permasalahan baru di masyarakat.

Sekda Lombok Timur, HM. Juaini Taofik

Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, HM. Juaini Taofik mengatakan, pemberian bantuan JPS kepada masyarakat Lombok Timur selama tiga bulan kedepan merupakan langkah strategis pemerintah untuk meringankan beban ekonomi masyarakat. Bantuan itu terhitung mulai bulan April, Mei, dan Juni 2020.

“Untuk memastikan semua dapat, maka Pak Bupati akan membentuk tim verifikasi data yang netral untuk pendataan yang terdiri dari TNI dan Polri,” ujar Sekda di ruang kerjanya, Rabu (15/04/2020).

Sekda memastikan upaya pendataan yang akan dilakukan tidak akan mengalami tumpang tindih atau dobel agar semua masyarakat mendapatkan bantuan, karena sebagian masyarakat ada yang dapat bantuan dari Program Keluarga harapan (PKH) atau JPS Gemilang dari Pemerintah Provinsi NTB.

“Kita ingin integrasikan seluruh JPS yang desa, kecamatan, kabupaten menjadi satu kesatuan data. Untuk memastikan pemerataan, karena Covid ini semua kena dampak, dan kalau dobel, pasti ada warga yang tidak dapat,” ungkapnya.

Lebih lanjut paparkan, untuk menghidari tumpang tindih data akan dibuat sistem bank data. Berdasarkan data statistik jumlah rumah tangga di Lombok Timur ini sebanyak 350 ribu. “Cuma kami akan mencari rumah tangga yang mandiri. rumah tangga madiri itu bulanannya jelas, PNS, tuan tanah dan usaha menegah ke atas,” paparnya.

Sisanya itu, lanjut Sekda, “Pak bupati ingin memastikan seluruhnya dapat. Untuk memastikan semua dapat itu, tidak boleh satu rumah tangga itu menerima lebih dari satu paket. Itu yang sedang kita mapping,” imbuhnya.

Dengan sistem integrasi data ini dipastikan tidak tidak akan tumpang tindih. Sekda mencontohkan, “Misalnya Ahmad, nanti kita klik. Ternyata dia dapat dari BPNT, maka dia tidak lagi jadi sasaran JPS Gemilang atau JPS Kabupaten atau dana desa,” jelasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.