Bidang Pengairan Lombok Timur Terus Tingkatkan Infrastruktur Irigasi

oleh -88 views
Pembangunan Saluran Suplesi mulai dikerjakan

LOMBOKSATU.com – Upaya pemerintah Lombok Timur memenuhi fasilitas masyarakat tani berupa infrastruktur irigasi baik melalui Dinas Pertanian maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus ditingkat. Hal ini sesuai dengan visi misi bupati.

Kepala Bidang (Kabid) Pengairan pada Dinas PUPR Kabupaten Lombok Timur, Sosiawan Putraji mengatakan, pembangunan dengan sistem multiyears saat ini sudah mulai berjalan di tiga daerah aliran sungai (DAS) berupa pembangunan saluran suplesi (saluran yang berfungsi membawa/mengalirkan air yang disuplesikan kesaluran pembawa atau ke sungai).

“Paket I multiyears pembangunan suplesi jaringan tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) yakni Gading, Maronggek dan Tojang, bulan ini mulai dikerjakan,” papar Kabid yang lulusan STPDN itu, Selasa (17/03/2020).

Baca: Bidang Pengairan Antisipasi Kekeringan

Dipaparkan, penyedia saat ini tampak mulai bekerja dari hilir, mulai dari bendungan Menceh Sakra Timur, selain itu jaringan suplesi yang berada di wilayah pengamat Kermit juga menjadi fokus utama untuk dikerjakan.

“Saat ini penyedia masih fokus bekerja dihilir yaitu di Kec Sakra Timur, untuk kecamatan lain belum dimulai aktifitas pekerjaan, hari ini PPK bersama penyedia melakukan MC 0 di ruas suplesi Peneda dan DAS Tojang wilayah hilir,” ujarnya.

Dijelaskan Sosiawan Putraji, dalam pelaksanaan proyek tersebut sebelumnya bersama Camat Sakra Timur telah melakukan sosialisasi langsung di lapangan, sehingga saat ini pekerjaan berjalan dengan baik.

“Proses land clearing sudah dilakukan, begitupun dengan drop material, saat ini penyedia telah mulai bekerja di lokasi. Alhamdulilah respon masyarakat dan kerjasama masyarakat terjalin dengan baik,” unkapnya.

Diketahui total panjang saluran yang akan dikerjakan hampir 20 kilometer tersebut tersebar di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Terara, Montong Gading, Sikur, Masbagik, Selong, Sakra, Sakra Timur. (Syarifudin)

No More Posts Available.

No more pages to load.