Investor Bakal Bangun PLTSa di Lombok Timur

oleh -190 views

LOMBOKSATU – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur merespon positif keinginan investor yang bakal membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur, Ir. Marhaban mengatakan, rencana perusahaan yang hendak membangun PLTSa dengan teknologi ramah lingkungan tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi masalah sampah yang dapat merusak alam dan lingkungan.

H. Marhaban

“Kami menyambut baik rencana investor tersebut, namun kami harus melakukan kajian yang mendalam bersama semua pihak sebelum memutuskan menerima tawaran perusahaan tersebut,” kata Marjaban kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/09/2019).

Marhaban menyebutk, pembangunan PLTSa Teknologi Ramah Lingkungan yang direncanakan akan dibangun di zona TPA yang ada di Kelurahan Ijobalit Kecamatan Labuhan Haji dapat menghasilkan daya listrik sekitar 20.000 mega watt dengan memusnahkan sampah domestik sekitar 500 ton per hari tanpa menghasilkan emisi dan menyisakan buangan yang mengganggu lingkungan.

“Hal itu tertuang dalam surat pihak perusahaan nomor: 117/O/DIR-SH/IX/19 tertanggal 3 Mei 2019 yang telah kami terima,” tuturnya sembari menunjukkan surat tersebut.

Jika rencana tersebut terwujud, lanjut Marhaban, dari sisi positifnya PLTSa dapat menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah sampah di Lombok Timur yang setiap hari menghasilkan sampah sekitar 910 ton per hari.

“Menurut investor, pengolahan sampah menggunan teknologi ramah lingkungan tersebut juga dapat menghasilkan air mineral yang dapat dikonsumsi,” jelas kadis low profile itu.

No More Posts Available.

No more pages to load.