Progres Pembangunan Fisik Sekolah di Lombok Timur Mengalami Tren Positif

oleh -312 views

LOMBOKSATU – Progres pembangunan fisik sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur tahun ini cukup variatif dan mengalami tren positif.

H. Abasti

“Progres pembangunan fisik di lapangan yang bersumber dari DAK yang dikelola oleh masing-masing sekolah, sampai dengan hari ini menunjukan realisasi progres bervariasi antara 30-40 bahkan 50 persen,” ujar Kepala Bidang Pembinaan SD, H. Absti, Selasa (20/08/2019).

Abasti memaparkan, tahun 2019 ini, DAK dari pemerintah pusat senilai Rp24 Milyar yang diperuntukan untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan rehab gedung sekolah.

Dari total dana Rp24 miliar yang diterima bidang pembinaan SD, baru bisa terealisasi pencairan tahap pertama sebesar 40 persen, sementara untuk termin kedua dan ketiga masih menunggu capaian progres fisik di lapangan yang dikerjakan secara swakelola.

Dipaparkan, penyaluran dana DAK tahap pertama untuk fisik baik rehab gedung sekolah maupun pembangunan RKB sudah terealisasi sebesar 40 persen dan saat ini sudah menunjukan capaian progres rata-rata sebagian besar sekolah yang mendapatkan bantuan rehab sedang mulai memasang atap.

“Sementara yang RKB capaiannya ada yang sudah 30 persen dan 40 persen, meski demikian capaian ini tidak akan menjadi kendala apa bila nantinya terjadi keterlambatan di pencairan dana DAK tahap ketiga,” bebernya.

Adapun jumlah sekolah dasar yang mendapatkan bantuan rehab gedung dari dana alokasi khusus sebanyak 50 sekolah dan pembangunan ruang kelas baru berjumlah belasan sekolah dasar yang tersebar di beberapa kecamatan.

No More Posts Available.

No more pages to load.