Dewan Minta Pekerja di KEK Mandalika Prioritaskan Warga Lokal

oleh -327 views
Wakil Ketua DPRD Lombok Tengah HL. Rumiawan

LOMBOKSATU.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Rumiawan kembali mengingatkan pentingnya pemberdayaan masyarakat lokal di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Dikatakannya, setiap perusahaan yang berada di kawasan tersebut harus lebih banyak mempekerjakan tenaga lokal.

“Sudah selayaknya masyarakat lokal mendapat tempat khusus di KEK Mandalika, ” Kata Rumiawan, Rabu (16/08/2022).

Dia berharap agar anak anak muda Lombok Tengah jadi prioritas di KEK tentunya sesuai dengan kemampuan dan keahliannya.

“Akomodir masyarakat kita dibidang masing masing sesuai kemampuan dan skill. Jangan jadi penonton didaerah-daerah sendiri” ungkapnya.

Dewan selama ini kata dia, tidak mengetahui sistim rekrutmen dan itu bukan kapasitas dewan untuk masuk dalam hal itu sebab pihaknya sudah dipercayakan kepada Pemda untuk mengurusi hal itu.

“Sudah kita percayakan kepada eksekutif untuk urus hal itu hanya dewan koordinasi dan juga menyerap aspirasi. Pemda harus pro aktif komunikasi dengan Pemprov dan pusat terkait rekrutmen tenaga lokal” jelasnya.

Pihaknya menilai adanya pembangunan sektor pariwisata tidak hanya berpengaruh positif bagi tenaga lokal akan tetapi dampak lain adalah multiplayer efek dimana pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui UKM.

Untuk itulah Pemerintah Daerah harus terus membangun koordinasi dengan pihak pusat dan provinsi serta pihak DPRD AGAR jangan sampai nanti kalau ada masalah baru berkoordinasi.(Dar)