Sekda Ingatkan ASN Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Publik

oleh -2.809 views
Sekda Lotim HM Juaini Taofik memberi arahan pada acara penutupan Latsar ASN dan jadi terdepan pelayanan
Sekda Lotim HM Juaini Taofik memberi arahan pada acara penutupan Latsar ASN

LOMBOKSATU.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur HM. Juaini Taofik mengingatkan peran aparatur sipil negara (ASN) harus menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik.

“ASN diharapkan lebih mengutamakan masyarakat,” kata Sekda pada upacara penutupan pelatihan dasar (Latsar) CPNS Lombok Timur, Selasa (28/09/2021).

Sekda juga memuji semangat 230 orang peserta CPNS tahun ini yang lulus dengan predikat memuaskan dan sangat memuaskan. Semangat ini harus terus terjaga dengan membangun komunikasi yang baik.

Sekda mengaku bahwa tantangan ASN akan jauh lebih berat saat berinteraksi dengan masyarakat, sebab masyarakat dicirikan sebagai pelanggan yang cepat bosan dan sering membandingkan antara pelayanan yang satu dengan yang lainnya.

Untuk itu, Sekda berharap agar ASN memiliki standar orientasi pelayanan. Ia juga menekankan pentingnya disiplin, integritas dan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Memilih menjadi ASN pasti punya konsekuensi. Lebih kurangnya harus diterima,” ungkap Sekda sembari mengingatkan pentingnya loyalitas dan totalitas dalam pelaksanaan tugas.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi L. Hamdi berharap seluruh peserta yang sudah lulus seleksi tersebut agar dapat mengemban amanah, memiliki sifat rela, serta mencintai negara Indonesia.

Ia juga menekankan pentingnya ASN berakhlak, atau ASN yang akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, dan kolaboratif. ASN juga harus mampu memobilisasi seluruh sumber daya manusia. Bukan hanya dari kalangan ASN, tetapi melibatkan semua pihak.

Pada upacara tersebut berlangsung penyerahan piagam penghargaan kepada perwakilan peserta terbaik Latsar CPNS tahun 2021 masing-masing angkatan dan gelombang oleh Sekretaris Daerah HM Juaini Taofik.