Bupati Lotim Serahkan ZIS Bagi ASN yang Masuk Golongan Gharimin

oleh -1.736 views
Bupati Lotim serahkan ZIZ bagi ASN gharimin
Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menyerahkan ZIZ kepada ASN yang masuk golongan gharimin

LOMBOKSATU.com – Baznas Lombok Timur menyerahkan zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) yang berasal dari gaji ke-13 ASN Lombok Timur kepada sejumlah aparatur sipil negara (ASN) yang termasuk golongan gharimin.

ASN yang masuk dalam ashnaf gharimin ini menurut BAZNAS adalah ASN yang memiliki beban hutang untuk memenuhi kebutuhan pribadi yang tidak dapat dihindarkan.

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menyerahkan ZIS itu secara simbolis kepada tiga orang ASN lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Senin (19/072021) di Pendopo Bupati.

Pada kesempatan itu, Sukiman Azmy menyampaikan jumlah nilai ZIS yang diterima masih terbilang kecil dan tentunya tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan tapi paling tidak bisa membantu meringankan beban di tengah pandemi ini.

Hal ini disebabkan, ZIS yang terkumpul akan didistirbusikan kepada seluruh ASN yang termasuk golongan gharimin di daerah ini. Khusus di lingkup Dinas Dikbud saja jumlahnya mencapai 200 orang dengan total ZIS yang akan diserahkan Rp.500 juta.

Selain lingkup Dinas Dikbud, ZIZ ini juga akan disalurkan kepada ASN yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya, termasuk dinas kesehatan dengan nilai Rp. 500 juta.

Bupati menyadari kondisi pandemi ini berdampak luas terhadap masyarakat. Karena itu pula Pemda akan menyalurkan 150 ton beras bagi masyarakat dan 30 ton bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Panti Asuhan.

Bupati juga mengingatkan agar pada pelaksanaan Idul Adha masyarakat dapat tetap menegakkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19, termasuk pada proses pemotongan dan pembagian hewan qurban.

Bupati menekankan prokes harus tetap dijalankan meskipun saat ini Lombok Timur menjadi satu-satunya daerah di NTB yang masuk zona kuning sementara lainnya berada di zona oranye dan merah.

Menutup sambutannya di hadapan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BKPSDM, serta 50 orang penerima yang hadir pada kesempatan itu berharap upaya ini mendatangkan hikmah. ”Semoga ada hikmahnya dan menolong kita keluar dari pandemi,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Baznas Lombok Timur Ismmul Basar menyampaikan progress pengembangan ZIS di Kabupaten Lombok Timur.

Berbagai inovasi terus dilakukan, di antaranya melalui keberadaan petugas di tiap-tiap kecamatan, keberadaan sentra pengembangan ekonomi ummat di Terara, serta mengoptimalkan fungsi masjid sebagai sentra pengembangan ekonomi umat.

Penyerahan ZIZ ini juga menjadi bagian dari pengembangan kegiatan Baznas yaitu dengan mendistribusikan kembali ZIS kepada ASN yang berasal dari Gaji 13 ASN.