SOMAE, Antarkan Guru MAN 1 Lotim Singkirkan Komperitornya

oleh -1.533 views

LOMBOKSATU.com – “Asyik Makan Somae: Solusi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 di MAN 1 Lombok Timur” merupakan judul artikel telah mengantarkan Hj Siti Surodiana, guru MAN 1 Lombok Timur berhasil menyingkirkan kompetitornya dalam lomba inovasi pembelaran di tengah pandemi covid-19 untuk tingkat Provinsi NTB.

Setelah melewati 10 besar yang diseleksi panitia penyelenggara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB. Pengumuman pemenang berlangsung 2 Mei 2021 (malam ini) dan langsung menerima hadiah.

“Alhamdulillah, guru sosiologi MAN 1 Lotim yang juga Pengurus Ikatan Guru Madrasah NTB Hj Siti Surodiana meraih juara 1,” ujar Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni usai acara pengumuman dan penyerahan hadiah.

Ia menegaskan, apa yang diraih malam ini menjadi penambah jumlah deretan prestasi MAN 1 Lotim pada tahun 2021. “Semoga semua ini bermanfaat dan berkah, terlebih lagi di bulam Ramadhan sekarang ini,” ungkapnya.

Dipaparkan, kegiatan lomba artikel guru tentang inovasi pembelajaran di masa pandemi dengan peserta 200-an guru NTB ini bagian dari memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang digelar Dikbud NTB kerja sama Kemenag NTB.

“Pendaftaran lomba terakhir tanggal 15 April 2021 dan hasil 10 terbaik diumumkan 29 April 2021, sementara presentasi final secara langsung dilaksanakan 2 Mei 2021 di Dikbud NTB,” tuturnya.

Adapun juri terdiri dari Dikbud, akademisi, praktisi dan lainnyan. Hasilnya, Hj Siti Surodiana merupakan guru MAN 1 Lotim dan menjadi satu-satunya guru madrasah se-NTB yang masuk finalis dan sukses menyakinkan juri.

Sementara itu, Hj Siti Surodiana mengaku tidak menyangka bisa meraih kemenangan dalam lomba, mengingat banyak sekali saingan dari berbagai sekolah dan madrasah hebat di NTB.

Disebutkan Hj Siti Surodiana, artikel yang disajikan dalam lomba ini berjudul “Asyik Makan Somae: Solusi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 di MAN 1 Lombok Timur”.

Secara sederhana SOMAE merupakan singkatan dari sosiologi maze chase yakni sebuah media pembelajaran sosiologi dengan menggunakan permainan game.

Hal ini diangkat, berawal dari pandemi covid-19, siswa lebih cenderung bermain game online dibanding belajar daring sehingga perlu media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar “bermain sambil belajar” yaitu media somae.

Media somae merupakan media yang efektif sebagai solusi pembelajaran daring. Adapun keunggulannya bisa digunakan semua bidang pembelajaran dan keunikannya mampu menanamkan pendidikan karakter secara otomatis bisa menjawab tantangan abad 21.

“Hal ini sesuai dengan tema pendidikan merdeka belajar dan merdeka mengajar paparnya guru sosiologi yang sudah banyak menorehkan prestasi untuk kementerian agama NTB ini,” tutupnya.

Penyerahan hadiah dan penghargaan bagi para juara dilaksanakan di halaman Kantor Dikbud pNTB yang dihadiri Gubernur NTB, Kadisbud NTB, Kakanwil Kemenag NTB, para pejabat lingkup Dikbud NTB, dan para Kasek SMA SMK se-NTB pada Minggu malam 2 Mei 2021.

Saat dimintai pendapatnya tentang prestasi guru MAN 1 Lotim ini, Dr KH Zaidi Abdad menyatakan rasa bangganya pada capaian prestasi guru MAN 1 Lotim ini.

“Kami turut berbangga karena guru madrasah juga bisa dan mampu menunjukkan kelas serta kemampuannya dalam menulis serta penguasaannya dalam bidang inovasi pembelajaran berbasis IT,” ungkanya.

Ia menyebut, prestasi Ini luar biasa dan patut dicontoh oleh guru madrasah lainnya di NTB, dan kedepan akan terus mendorong agar para guru memiliki semangat dan kinerja yang baik termasuk dengan menunjukkan prestasinya dalam bidang pengajaran dan seterusnya.

“Karena siswa hebat dan bermartabat akan lahir dari guru-guru yang hebat dan punya dedikasi yang tinggi dalam memberikan pengabdian terbaik bagi lembaga,” ungkap Zaidi dengan penuh semangat.