Wujudkan Smart City, Ini Pernyataan Wabup Lotim

oleh -863 views
Wabup Lombok Timur H. Rumaksi Sj saat membuka acara pemaparan program Smart City yang ditawarkan PT BNI

LOMBOKSATU.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mengikuti pemaparan konsep program Smart City. Program ini merupakan bagian dari ekosistem Bank Negara Indonesia (BNI) yang menawarkan solusi berupa cash management system (CMS) atau aplikasi online bagi institusi atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan.

Wakil Bupati (Wabup) Lombok Timur H. Rumaksi Sj saat membuka acara yang berlangsung Jumat, (26/02/2021) menyampaikan penawaran program Smart City PT BNI (Persero) Tbk memiliki keterkaitan dengan lomboktimur-net, salah satu program Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk meningkatkan akses dan keterhubungan masyarakat secara digital.

Ia menegaskan, akses internet melalui program lomboktimur-net akan menjangkau seluruh dusun di 254 desa/kelurahan yang ada di daerah ini. Menurut Wabup akses ini pula untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut dapat dimanfaatkan BNI untuk mewujudkan digitalisasi keuangan melalui smart city, Pemerintah Lombok Timur dan BNI memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan good governance.

Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Pusat Hermita mengatakan, konsep smart city yang ditawarkan BNI merupakan integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari. Tujuannya adalah efisiensi, perbaikan pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Lebih detail program ini diharapkan dapat mewujudkan layanan masyarakat terpadu dan bebas pungutan liar (pungli), penerimaan pajak dan retribusi cepat dan tepat. Termasuk terwujudnya transaparansi, meningkatkan kepercayaan publik, kemudahan akses pembayaran, pelayanan publik menjadi adil, sederhana, cepat, mudah, terbuka, wajar dan terjangkau, bahkan dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Upaya tersebut mencakup semua aspek seperti Smart Government, Smart Living, Smart Environment, Smart Economy, Smart People, dan Smart Mobility. Ia menyebutkan, BNI merupakan lembaga perbankan yang telah menandatangani MoU dengan Kementerikan Komunikasi dan Informatika untuk mendukung target 100 smart city.

Saat ini BNI akan menjalankan program tahap pertama dengan merangkul 24 kabupaten/kota yang sudah suport dengan program smart city, salah satunya Kabupaten Lombok Timur yang akan dipadukan dengan lomboktimur-net nantinya.

Hadir pada kesempatan tersebut pimpinan BNI Kantor Wilayah Denpasar Made Dhany Pratiwi, pimpinan BNI Kantor Wilayah Mataram, dan sejumlah Kepala organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lombok Timur dengan memberlakukan protokol kesehatan.