Bupati Lotim Tandatangani MoU Program Sekolah Penggerak

oleh -1.258 views
Bupati Lotim HM Sukiman Azmy saat menandatangi MoU program Sekolah Penggerak

LOMBOKSATU.com – Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menanandatangi memorandum of understanding (MoU) program Sekolah Penggerak, Selasa (26/01/2021). Program ini akan di-launching Februari mendatang.

Lombok Timur menjadi satu dari dua kabupaten/kota yang terpilih pemerintah pusat untuk melaksanakan program Sekolah Penggerak di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Program akselerasi kemajuan pendidikan di seluruh Indonesia ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan pemerintah daerah.

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy pada acara penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Kementerian Pendidikan yang dilakukan secara terpisah itu, berharap tindak lanjut MoU dapat segera direalisasikan.

Ia berharap bulan Februari mendatang program ini sudah bergerak secara masif di Lombok Timur. Program ini, menurutnya, penting untuk mendukung upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) yang terus diupayakan pemerintah daerah Lombok Timur.

Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB Mohamad Mustari yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan, Februari mendatang program Sekolah Penggerak ini akan di-launching.

Dijelaskannya bahwa sekolah penggerak sebagai program prioritas kementerian pendidikan dan kebudayaan yang dilaksanakan di 34 provinsi dan tidak kurang dari 2500 sekolah di 110 kabupaten/kota sebagai pilot project.

Mustari menyambut baik komitmen Pemda Kabupaten Lombok Timur terkait sekolah penggerak ini. Ia berharap adanya sosialisasi untuk seleksi Kepala Sekolah yang akan terlibat dalam program sekolah penggerak. Jumlah sekolah nantinya akan bergantung pada hasil seleksi.

Sementara itu kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur Achmad Dewanto Hadi menyampaikan Lombok Timur merupakan kabupaten dengan jumlah guru penggerak terbanyak di Indonesia.

Sekolah Penggerak merupakan pelengkap keberadaan guru penggerak. Diharapkan program tersebut menjadi bagian dari akselerasi kemajuan pendidikan di daerah ini.

Ia meyakini Lombok Timur memberi sumbangan besar terhadap kondisi di NTB. Penandatangan MoU yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati ini dihadiri pula Dewan Pendidikan dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur.